Tips Memilih Modem MiFi yang Bagus - AdikaFrisky.com

Tips Memilih Modem MiFi yang Bagus

Tips Memilih Modem MiFi yang Bagus

MiFi atau yang biasa disebut my wifi apakah masih worth it? Itulah pertanyaan yang sering muncul di kalangan pengguna internet. Kenyataannya MiFi sejauh ini masih dibutuhkan orang-orang, Misalnya beberapa pekerja kantoran membutuhkan MiFi ketika bekerja di luar kantor. Selain itu pengguna smartphone yang memiliki kendala pada IMEI yang terblokir seringkali memanfaatkan Mifi untuk mengatasi masalah sinyal. 

Tentunya masih banyak lagi hal yang menyebabkan beberapa orang memilih MiFi untuk memenuhi kebutuhan internetnya. Nah, sebelum kamu membeli Mifi alangkah baiknya kamu mempertimbangkan beberapa hal penting agar kamu tidak kecewa setelah membelinya. Berikut merupakan tips memilih modem MiFi yang perlu kamu perhatikan.

Tips Memilih Modem MiFi


1. Jaringan Mifi

Pastikan jaringan yang digunakan merupakan jaringan paling tinggi untuk saat ini. Umumnya sekarang jaringan paling tinggi adalah 4G, namun beberapa waktu yang akan datang katanya pemerintah akan mengeluarkan jaringan 5G. nah jika di pasaran sudah ada yang menjual Modem MiFi dengan jaringan 5G alangkah baiknya kamu membeli Modem MiFi dengan kualitas jaringan 5G tersebut.

2. Operator

Dilihat dari sisi operator Mifi memiliki dua kategori yaitu SIM Lock dan Unlock All Operator. MiFi SIM Lock Operator hanya bisa menggunakan satu jenis kartu perdana saja. Sedangkan untuk Unlock All Operator bisa menggunakan kartu apa saja baik CDMA maupun GSM. Nah, Kami menyarankan agar kamu memilih Modem MiFi dengan Unlock All Operator, karena di Indonesia setiap daerahnya memiliki kualitas sinyal yang berbeda-beda. Kamu bisa sewaktu-waktu mengganti kartu perdana sesuai dengan kualitas sinyal di daerah tertentu.

3. Sistem Operasi

Sistem operasi merupakan hal yang tidak boleh disepelekan. karena jika suatu ketika perangkat kamu mengalami kerusakan dan Modem MiFimu hanya mendukung satu sistem operasi, misal windows saja maka modem MiFimu tidak dapat digunakan pada perangkat dengan sistem operasi lain seperti linux, mac OS, android dll. Maka dari itu kami menyarankan agar kamu memilih modem MiFI yang sudah mendukung banyak sistem operasi. Agar modem MiFimu dapat dipakai pada semua perangkat.

4. Fitur By Pass

Modem MiFi yang memiliki fitur By Pass bisa dikatakan modem yang sangat direkomendasikan. Alasannya adalah karena dalam keadaan darurat modem ini akan sangat membantu kamu. Cara kerja fitur by pass adalah mifi bisa dicolokan ke listrik menggunakan adapter, kamu juga bisa menggunakan baterai bawaan modem MiFinya yang dapat dilepas-pasang sesuai kebutuhan. Baiknya baterai digunakan ketika dalam keadaan mati listrik dan di luar ruangan yang tidak ada colokan listrik. Dan untuk pemakaian sehari-hari kami menyarankan agar menggunakan adapter.

5. Kecepatan dan Jumlah Pengguna

Pilihlah modem MiFi dengan kecepatan paling tinggi misalnya 500 Mbps, memiliki modem dengan kecepatan tinggi tentunya akan berpengaruh ke akses internet kamu. Dari sisi jumlah pengguna pilihlah modem yang bisa terhubung ke banyak pengguna, misalnya untuk 8 orang, 15 orang atau bahkan ada yang lebih dari itu, kamu bisa  menghubungkannya ke perangkat lain seperti smart tv, cctv, dan lain-lain.


Demikianlah lima poin untuk memilih modem MiFi yang bagus. Saat ini banyak sekali pilihan modem MiFi yang bisa kamu temukan di pasaran. Tapi apakah produk yang ditawarkan itu membantu memenuhi kebutuhanmu atau tidak, kamu perlu  mempertimbangkan lagi dengan memperhatikan lima poin di atas sebelum membelinya.
Please write your comments