Bisnis Menjadi Sepi Akibat Pandemi? Saatnya Digital Marketing Dipelajari - AdikaFrisky.com

Bisnis Menjadi Sepi Akibat Pandemi? Saatnya Digital Marketing Dipelajari

Bisnis Menjadi Sepi Akibat Pandemi? Saatnya Digital Marketing Dipelajari

Tidak bisa dipungkiri bahwa di tahun 2020 ini hampir semua bisnis menjadi lebih sepi akibat pandemi yang entah sampai kapan akan berakhir. Meskipun kenyataannya seperti itu tetapi kita tidak boleh menyerah dengan keadaan begitu saja.


Menyalahkan keadaan memang adalah hal yang gampang apalagi kalau sampai berandai-andai "jika tidak ada pandemi, pasti bisnisku terus berkembang setiap hari".


Tapi mau sampai kapan kita seperti ini? Kita harus bisa beradaptasi dan berkembang untuk terus mendapatkan penghasilan dan tidak lagi menjadikan pandemi sebagai alasan.


Baik yang baru akan mulai dan sudah mulai berbisnis jangan pernah takut akan adanya pandemi. Justru dengan adanya pandemi kita bisa tahu kalau bisnis online adalah bisnis yang menjanjikan untuk masa depan.


Terbukti saat pandemi banyak orang yang lebih suka belanja online dari pada keluar rumah yang malah bisa membahayakan kesehatan mereka.


Bahkan sebelum pandemi pun sudah banyak orang yang sukses dengan berbisnis online.


Maka dari itu jika selama ini kita tidak mengerti bisnis online atau anti untuk menyentuh dunia online mulai sekarang kita harus mencoba untuk beradaptasi dengan berjualan online atau melakukan digital marketing untuk mengembangkan bisnis agar bisa terus eksis.


Digital Marketing Juga Bisa Dilakukan Oleh Pemula


Meskipun nama "digital marketing" terdengar seperti sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Tapi sebenarnya ini adalah hal yang masih bisa dipelajari dan diterapkan bahkan oleh seorang yang awam sekalipun.


Jadi singkirkan dulu pemikiran yang mengatakan kalau digital marketing adalah hal yang susah untuk dikerjakan.


Belajar Digital Marketing


Secara sederhananya digital marketing bisa diartikan sebagai kegiatan yang dilakukan untuk memasarkan bisnis menggunakan media digital dan menggunakan internet. Jika disebutkan satu per satu maka hal ini sangat banyak sekali.

Bahkan secara tidak sadar mungkin kamu sudah pernah melakukannya, hanya saja kamu belum mengerti kalau apa yang kamu lakukan tersebut sudah termasuk digital marketing.

Jika kamu pernah menawarkan atau mencoba menjual barang di facebook. Nah ini juga bisa disebut sebagai digital marketing. Meskipun teknik yang kamu lakukan dalam menjualnya masih ngasal dan belum menggunakan teknik-teknik tertentu dalam dunia digital marketing.

Dengan penjelasan singkat tadi setidaknya kamu sudah mempunyai sedikit gambaran mengenai digital marketing. Dan jika kamu mempunyai kesimpulan bahwa digital marketing adalah solusi yang baik untuk mengembangkan sebuah bisnis.

Mulai sekarang marilah kita mencoba menganal digital marketing.

Jenis Digital Marketing Yang Mudah Dilakukan Oleh Pemula


Ada banyak sekali jenis digital marketing yang bisa kita terapkan untuk memajukan bisnis. Namun kalau untuk pemula berikut ini adalah jenis digital marketing yang bisa digunakan dengan mudah.

1. Menggunakan WhatsApp Bisnis


WhatsApp Bisnis Untuk Keperluan Bisnis

Jika kamu masih menggunakan aplikasi WhatsApp yang biasa sebagai aplikasi chatting dalam urusan bisnis maka cobalah untuk berganti ke WhatsApp Bisnis.

Dengan aplikasi WhatsApp Bisnis kamu akan mendapatkan beberapa fitur-fitur menarik seperti; auto replay, fitur katalog, bisa menambahkan lokasi pada profil dan masih banyak lagi fitur bermanfaat lainnya yang pastinya akan berguna untuk membantu mengembangkan bisnis yang sedang kamu jalankan.

Dan kabar baiknya lagi aplikasi ini bisa kamu miliki secara gratis.

2. Melakukan Sosial Media Marketing


Digital Marketing menggunakan Sosial Media

Demi memperkenalkan bisnis yang kamu jalankan kepada masyarakat dan demi mendapatkan keuntungan yang lebih banyak maka kamu bisa menggunakan sosial media untuk mempromosikan bisnismu.

Sekarang ini pengguna sosial media tidak hanya anak muda saja, anak kecil sampai orang tua juga banyak yang bermain sosial media. Jadi promosi di sosial media adalah hal yang bagus untuk menjangkau orang banyak.

Kabar baiknya banyak sosial media yang bisa digunakan untuk mempromosikan bisnismu.

Kamu bisa melakukan promosi secara gratis atau juga yang berbayar, kamu juga harus bisa melihat sosial media mana yang mempunyai pengaruh besar terhadap bisnismu agar promosi yang kamu lakukan bisa lebih efektif lagi.

3. Membuat Website


Membuat Website Untuk Bisnis

Jika kamu terjun dalam dunia online atau digital maka website adalah syarat yang wajib dimiliki kalau ingin bisnismu terlihat lebih profesional. Terserah kamu mau berjualan di marketplace atau tidak, kamu tetap harus mempertimbangkan untuk segera membuat website.

Kamu bisa membuat landing page atau toko online yang sesuai dengan jenis bisnis yang kamu jalankan.

Dengan memiliki website, nantinya kamu juga bisa melakukan promosi menggunakan Google Ads untuk memperkenalkan bisnismu kepada pengguna internet yang melakukan pencarian di Google.

4. Mendaftar di Google Bisnisku


Bisnis Tampil di Google Maps

Pernah mencari sesuatu di Google Maps? Bayangkan jika bisnis milikmu bisa tampil di Google Maps, pastinya akan ada banyak orang yang tahu dan bisa langsung berkunjung dengan mengikuti jalan yang ditunjukan pada maps.

Nah agar bisnismu bisa tampil di Google Maps kamu harus menggunakan dan mendaftar ke Google Bisnisku.

Kamu bisa mengunduh aplikasi Google Bisnisku di Google Play Store secara gratis.

Sebenarnya masih banyak lagi teknik dari digital marketing yang bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis dan membuat penjualan semakin laris. Tapi untuk pemula sebaiknya kamu belajar dari hal yang mudah dilakukan terlebih dahulu seperti yang sudah disebutkan di atas.

Jika kamu ingin belajar lebih dalam lagi, kamu bisa mengikuti Kursus Digital Marketing ke tempat yang berkualitas dan sudah terpercaya.

Dengan kursus kamu akan mendapatkan pengetahuan yang tepat dan mendapatkan teknik yang lebih pasti ketimbang kamu belajar secara otodidak tanpa adanya mentor.

Buat kamu yang tertarik untuk mengikuti kursus digital marketing maka kamu bisa mengunjungi DUMETschool. 


DUMETschool adalah tempat kursus digital marketing yang sangat cocok untuk pemula dan siapa saja karena jadwal belajar yang sudah fleksibel. Kamu akan mendapatkan banyak ilmu digital marketing dari sistem belajar khusus serta kamu akan mendapatkan fasilitas untuk bebas berkonsultasi seputar digital marketing selamanya.

Apakah ada tempat belajar digital marketing lain yang menyediakan support seumur hidup? 

Jadi setelah kamu mengikuti kursus digital marketing kemudian dalam prakteknya kamu masih merasa ragu akan hal yang akan kamu lakukan maka kamu bisa berkonsultasi kapan saja dengan instruktur DUMETschool.

Jika kamu masih ragu dengan DUMETschool maka kamu bisa mendaftar di kelas gratis terlebih dahulu, nanti kalau memang cocok dengan sistem belajarnya kamu bisa mengikuti kursus digital marketing yang lebih serius.

Belajar digital marketing adalah sesuatu yang gampang-gampang susah. Jika hanya teknik dasarnya saja mungkin kamu bisa belajar secara otodidak akan tetapi kalau ingin mendapatkan teknik-teknik ampuh untuk mengembangkan bisnis maka kamu bisa mengikuti kursus digital marketing supaya kamu juga lebih yakin dengan strategi yang kamu lakukan untuk bisnismu.

Alasan kenapa digital marketing adalah hal sangat penting untuk sebuah bisnis adalah banyak sekali teknik yang bisa digunakan dan dengan digital marketing sebuah bisnis akan tetap bertahan meskipun dalam keadaan pandemi seperti sekarang ini.

Dengan teknik digital marketing yang tepat omset bisnis kamu juga bisa naik berkali-kali lipat. Jadi silahkan pelajari dunia digital marketing lalu rasakan perubahan yang akan kamu alami terutama pada penghasilan dari bisnis yang kamu jalankan dengan digital marketing.
Please write your comments