Terimakasih Atas Adanya Internet di Indonesia - AdikaFrisky.com

Terimakasih Atas Adanya Internet di Indonesia

Terimakasih Atas Adanya Internet di Indonesia

Dulu pada saat saya masih sekolah perlahan mengenal internet namun seringkali menggunakan internet hanya untuk menjadi media hiburan seperti halnya bermain game, membaca komik, dan bersosial media saja.


Saat itu saya rela menghabiskan waktu berjam-jam jika sudah berada di warnet hanya untuk mencari hiburan semata melalui internet. Namun seiring berjalannya waktu dan bertambahnya dewasa saya mulai mencari cara bagaimana cara memaksimalkan manfaat internet untuk merubah ekonomi keluarga.


Singkat cerita saya mencoba berbagai hal untuk mendapatkan penghasilan dari internet seperti mencoba aplikasi yang menjanjikan uang, menjual foto di internet, membuat channel youtube, menjadi blogger, dan berjualan di sosial media.


Mungkin ada banyak hal yang sudah saya coba dan karena tidak semuanya cocok untuk saya maka saya hanya meneruskan yang sekiranya saya bisa maksimal di bidang tersebut. Seperti menjadi blogger dan berjualan di sosial media.


Mencari penghasilan dari internet benar-benar saya rasakan saat tahun 2020 dimana Indonesia sedang mengalami pandemi dan saya juga sudah habis kontrak dari pekerjaan. 


Pada tahun itu saya ingat sekali banyak orang yang dipaksa untuk mengenal serta menggunakan internet seperti sekolah online sampai kerja online. Dan pada saat itu juga saya mencoba sesuatu yang bisa saya lakukan dengan memanfaatkan internet.


Saya mencoba kembali mengurus blog yang cukup terbengkalai dan ini ternyata membutuhkan waktu yang cukup lama agar bisa menghasilkan uang. Karena saya sadar proses tersebut membutuhkan waktu maka saya juga mencoba cara lain untuk mendapatkan penghasilan.


Beruntung saat itu saya termasuk orang yang bisa menikmati uang dari PraKerja. Uang tersebut saya gunakan untuk modal budidaya jamur tiram dengan menjualnya di sosial media. Jika ada yang beli barulah saya melakukan penjualan dengan sistem COD.


Sayangnya budidaya jamur tiram ini hanya dapat bertahan 3 sampai 4 bulan saja karena ternyata saya alergi dan sering gatal-gatal setiap kali melakukan panen. Jelas saya tidak bisa mempertahankannya dan terpaksa untuk mencoba sesuatu yang lain.


TzehPolos


Singkat cerita setelah beberapa bulan setelah itu saya memutuskan untuk berjualan pakaian polos seperti kaos polos, hoodie polos, celana polos, dan topi polos. 


Karena saya menjual barang-barang yang masih polos jadinya usaha kecil ini saya namakan dengan TzehPolos yang berasal dari kata dari "Tasih Polos". Kata tasih adalah kata dari bahasa jawa yang mempunyai arti masih. Sebenarnya di tempat saya tinggal, tasih lebih sering diucapkan dengan nada teseh kemudian agar lebih keren saya mengganti kata teseh tersebut dengan Tzeh. Sehingga lahirlah nama TzehPolos untuk nama usaha saya ini. Dan sesuai dengan namanya saya menjual barang-barang yang masih polos. 


Dalam membangun TzehPolos ini selain mempunyai konsep menjual barang yang masih polos, saya juga menargetkannya hanya untuk orang-orang Klaten saja. Bukan berarti saya tidak ingin berkembang, namun saya hanya ingin membangun brand yang dikenal di kota tempat tinggal saya.


Meski begitu saya juga sudah mencoba beberapa kali untuk mempromosikannya ke seluruh Indonesia dengan menggunakan Facebook Ads dan juga berjualan di Marketplace, namun hal tersebut belum terlalu cocok untuk usaha saya. Sebab saya masih kulakan dari tempat lain baru dijual lagi. Jadi saya belum produksi sendiri sampai saat ini.


Pada awal menjalankan usaha ini saya hanya banyak memanfaatkan beriklan secara manual di sosial media kemudian berjualan secara COD yang artinya setiap ada orang yang ingin membeli produk dari saya maka kita akan ketemuan untuk melakukan transaksi.




Cara ini saya alami beberapa bulan sampai saya membuat outlet sendiri untuk memajang produk-produk yang saya jual. Meskipun saya membuat outlet di dalam rumah namun ini lebih baik dari sebelumnya dimana produk-produk yang saya jual hanya saya tumpuk saja di dalam kamar. 


Dengan mempunyai outlet saya jadi lebih nyaman jika ada orang yang ingin datang langsung untuk membeli produk yang saya jual. Saya bisa standby dari pagi sampai malam saat itu. Karena saya berjualan online sambil nge-blog jadi saya banyak menghabiskan waktu berada di dalam outlet tersebut. Palingan keluar hanya kalau ada perlu COD.


Pada saat itu kebetulan saya bisa menggunakan internet dari paman saya yang berlangganan IndiHome dari Telkom Indonesia sehingga saya bisa bebas memanfaatkan internet setiap hari tanpa batas baik untuk melakukan promosi jualan, mengelola blog, belajar ilmu-ilmu baru di internet dan sesekali bermain game online sambil mendengarkan musik.




Beberapa bulan setelah itu saya akhirnya memutuskan untuk menyewa ruko karena saya juga ingin mempunyai lebih banyak orang yang datang ke toko saya. Saya benar-benar masih memaksimalkan internet untuk mempromosikan usaha yang saya jalankan ini.




Banyak orang yang mengaku melihat promosi saya di sosial media. Karena memang saya menawarkan apa yang saya jual ini ke lebih dari 100 grup di Facebook. Belum lagi saya juga membuat artikel di blog yang saya punya. Terkadang saya juga ikutan promosi gratis yang ada di Instagram dan cukup banyak juga orang yang melihat jualan saya ini.


Sampai sekarang saya masih fokus untuk melakukan promosi secara online di sosial media untuk mendatangkan lebih banyak pengunjung datang ke TzehPolos. Saya juga membuatkan toko online untuk TzehPolos yang bisa dibuka dengan url : https://tzehpolos.com meski belum terlalu memprioritaskan toko online tersebut namun setidaknya saya serius dalam mengelola TzehPolos dengan kemampuan yang saya punya dan saya selalu belajar untuk terus berkembang.


Saya juga mendaftarkan TzehPolos di Google Maps agar memudahkan pelanggan yang ingin datang langsung ke toko saya. Saya benar-benar terbantu dengan ini karena hanya tinggal mengirimkan url Google Maps TzehPolos maka pelanggan yang ingin datang bisa dengan mudah menemukan toko saya.



Manfaat Internet Bagi Saya


Jujur dengan adanya TzehPolos yang saya kembangkan secara online dan offline ini saya bisa mempertahankan ekonomi saya meski sudah tidak lagi bekerja di perusahaan seperti biasanya. Tanpa adanya internet mungkin saya akan bertanya-tanya, apa yang harus saya lakukan nantinya.


Tanpa adanya internet mungkin bisnis-bisnis online tidak akan ada dan banyak orang yang kehilangan pekerjaannya. Jelas dengan adanya internet banyak orang yang bisa mendapatkan penghasilan dari mulai jualan online atau melakukan pekerjaan online yang lainnya.


Bahkan sekarang ini banyak lowongan pekerjaan yang dibuka secara online. Bayangkan jika tidak ada internet maka untuk mendapatkan lowongan pekerjaan saja saya harus berjuang lebih keras mendatangi kantor demi kantor hanya untuk menanyakan lowongan pekerjaan.


Sekarang ini dengan adanya internet, tinggal mengakses website-website penyedia lowongan pekerjaan kemudian cari lowongan yang sesuai dengan kriteria sudah bisa dilakukan sambil duduk minum kopi.


Bahkan sekarang sudah bisa melamar secara online tanpa harus antri ratusan sampai ribuan orang sambil berdesak-desakan untuk melamar pekerjaan. Meski belum semua lowongan bisa dilamar secara online namun setidaknya dengan adanya internet hal-hal tersebut sudah banyak berkurang dan mencari pekerjaan menjadi lebih mudah.


Alasan saya mengatakan hal tersebut karena saya pernah mengalami masa-masa seperti yang saya ceritakan tersebut.


Dengan adanya internet sekarang ini juga banyak orang yang bekerja hanya dari rumah sampai-sampai dikira pelihara tuyul sama tetangganya. Saya rasa orang yang masih sering berprasangka memelihara tuyul kalau melihat orang kaya adalah orang yang belum tahu kalau dengan internet kita bisa mendapatkan penghasilan.


Ada banyak sekali cara yang halal untuk mendapatkan penghasilan dari menggunakan internet. Bahkan bayaran dari bekerja secara online terkadang lebih besar dari bekerja secara offline. Jadi saya rasa wajar banyak orang tua yang beranggapan kalau ada orang yang tidak tampak bekerja namun bisa jaya itu memelihara tuyul. Sebab mereka belum mengetahui betapa luasnya dunia internet yang bisa dimanfaatkan untuk mencari cuan sebanyak-banyaknya.


Saya sendiri kalau tidak ada internet mungkin hanya bisa menunggu orang datang ke toko saya. Tapi karena adanya internet saya bisa menawarkan produk saya ke banyak orang dengan mudah dan bisa mengobrol dengan para pelanggan yang tertarik dengan produk saya lewat aplikasi chatting.


Dari internet saya juga bisa mendapatkan ilmu yang berguna untuk berjualan yang bisa langsung saya terapkan pada usaha saya. Saya tidak bisa membayangkan kalau di Indonesia ini tidak ada internet akan jadi seperti apa kehidupan yang akan saya jalani sekarang.


Dengan adanya internet di Indonesia saya merasa sangat berterimakasih sekali karena saya bisa melakukan sesuatu yang saya sukai yaitu mencari penghasilan secara online dan saya bisa belajar banyak hal dengan menggunakan internet. Selama itu adalah hal yang baik maka saya akan terus belajar.


Saya sangat yakin kalau masih banyak orang yang mendapatkan manfaat dari adanya internet di Indonesia. Mulai dari anak sekolah sampai yang sudah berkeluarga. Jadi besar harapan saya kalau internetnya Indonesia ini bisa sampai ke pelosok-pelosok negeri agar semua orang Indonesia sama rata bisa mendapatkan manfaat dari internet.

Please write your comments