Pengalaman Menggunakan Layanan JNE COD RETAIL Untuk Penjual - AdikaFrisky.com

Pengalaman Menggunakan Layanan JNE COD RETAIL Untuk Penjual

Pengalaman Menggunakan Layanan JNE COD RETAIL Untuk Penjual

Layanan JNE COD RETAIL ini berguna untuk melakukan transaksi jual beli online dengan pembayaran Cash On Delivery atau bayar di tempat. Layanan COD ini bisa sangat memudahkan pembeli untuk membayar belanjaannya dan secara otomatis juga mampu meningkatkan penjualan oleh pelaku bisnis online.

COD RETAIL ini dilakukan di luar Marketplace. Jadi buat yang sedang menekuni bisnis online namun tidak menggunakan Marketplace mungkin kamu perlu mendaftarkan usahamu ke JNE COD RETAIL. Layanan ini cocok banget untuk kamu yang ingin berjualan di luar Marketplace. Seperti yang kita ketahui bahwa kebijakan Marketplace selalu berubah-ubah dan bisa membuat kita tidak betah berjualan disana.

Pada kesempatan kali ini aku ingin membagikan pengalaman dari mulai mendaftarkan usaha ke JNE COD RETAIL sampai dengan menggunakannya. Disini aku adalah sebagai penjual bukan pembeli, kan kalau pembeli tugasnya hanya membayarkan uang ke kurir pengantar paket.

Pengalaman menggunakan Layanan JNE COD RETAIL

Perjuangan Untuk Mendaftar JNE COD RETAIL


Aku mungkin tidak akan mudah lupa bagaimana perjuangan untuk mendaftar JNE COD RETAIL yang sekarang sangat berguna untuk transaksi bisnis online.

Di awal berjualan online aku memang tidak terlalu tertarik untuk bergabung ke Marketplace, jadi aku punya toko online sendiri yaitu tzehpolos.com kemudian mengiklankan produk jualan ke Facebook dan Instagram. Saat awal-awal aku mencari pelanggan masih manual dengan melakukan share ke grup yang relevan atau menjemput bola dengan mencari orang yang sedang membutuhkan produk yang aku jual.

Singkat cerita aku mencoba menggunakan Facebook Ads dan mendapatkan banyak pesan WhatsApp mengenai produk yang aku iklankan. Ternyata banyak sekali yang tidak jadi melakukan transaksi hanya karena tidak bisa COD atau bayar di tempat.

Baca Juga : Ini Caraku Menggunakan Facebook Ads! Panduan Sederhana Buat Pemula

Saat itu aku hanya melakukan percobaan untuk melakukan penjualan melalui Facebook Ads dan ternyara aku menenukan kekurangan dengan jualanku, yaitu tidak bisa melakukan pembayaran di tempat atau COD.


Setelah itu aku tertarik untuk mendaftar di JNE COD RETAIL. Setelah melakukan searching di Google aku langsung mengunjungi kantor cabang terdekat untuk mencoba mendaftar. Tapi ternyara aku harus menjadi memberi JLC terlebih dahulu dan sudah bergabung minimal selama 1 bulan.


Lalu aku mendaftar secara online untuk menjadi member JLC


Setelah sebulan lebih menjadi memberi JLC aku kembali ke kantor cabang untuk mencoba mendaftar JNE COD RETAIL. Akan tetapi kantor cabang tidak bisa dan menyarankan untuk ke kantor JNE di kota tempat tinggal ku.


Keesokan harinya aku bersama temanku pergi ke kantor JNE untuk mendaftar JNE COD RETAIL. Beberapa persyaratan sesuai informasi yang aku dapatkan di internet juga sudah aku bawa.


Saat duduk dan bertanya mengenai pendaftaran JNE COD RETAIL, sayang sekali aku malah mendapatkan jawaban yang diluar ekspektasi. Aku mendapatkan jawaban bahwa JNE belum bisa melakukan COD padahal di website resminya sudah ada persyaratan-persyaratannya.


Setelah mendengarkan jawaban tersebut aku langsung pulang sambil memikirkan bagaimana caranya agar aku bisa mendapatkan layanan COD tanpa harus melalui Marketplace. Aku tidak terlalu memikirkan apakah pihak JNE saat itu tidak mau melayaniku atau memang belum tahu mengenai JNE COD RETAIL mereka sendiri. 


Tapi jujur emang saat itu kesel rasanya, tapi mau gimana lagi kan aku juga sudah berupaya.


Pada malam harinya aku mencoba mencari informasi lebih mengenai JNE COD RETAIL ini, karena salah satu ekspedisi yang dekat dengan rumah adalah JNE maka aku masih ingin mencari informasi lebih saat itu.


Karena di Google informasinya masih itu-itu saja kemudian aku coba mencari di Twitter dan malah ketemu akun JNE Customer Care. Langsung saja aku menceritakan kejadian yang aku alami tadi siang saat ingin mendaftar JNE COD RETAIL. Saat itu aku berpikiran bahwa pertanyaanku mungkin tidak akan dibalas tapi ternyata aku mendapatkan jawaban yang baik.


Bahkan aku juga mendapatkan informasi kalau JNE COD RETAIL ini bisa di seluruh kota di Indonesia.


Langsung aku mencari kontak WhatsApp dari JNE Pusat yang ada disini. Tapi ini adalah kantor yang berbeda dengan kantor yang aku datangi kemarin.


Saat itu aku mengirimkan pesan kalau aku ingin mendaftar JNE COD RETAIL dan apakah persyaratannya lalu apakah disini sudah bisa untuk mendaftar layanan tersebut.


Dan jawaban yang aku terima adalah kalau di tempat / kota yang aku tinggali ini belum bisa untuk mendaftar JNE COD RETAIL. Tentu saja ini sangat berlawanan dengan informasi yang baru aku terima dari Twitter.


Lalu aku Screenshoot saja informasi dari Twitter yang berkata kalau JNE COD RETAIL bisa untuk seluruh kota di Indonesia. Lalu aku juga melakukan Screenshoot informasi yang mengatakan kalau di kota ini belum bisa melakukan pendaftaran JNE COD RETAIL dan aku kirimkan ke Twitter JNE Customer Care.


Setelah kejadian tersebut aku mendapatkan pesan WhatsApp dari kantor pusat yang aku tanyai melalui WhatsApp. Pesan tersebut berisi kontak salah satu karyawan di kantor JNE yang aku datangi waktu itu. Setelah aku coba chat dan Alhamdulillah proses pendaftaran JNE COD RETAIL ternyata bisa.


Dan malahan aku mendaftar dengan online, berkas-berkasnya hanya perlu dikirim melalui WhatsApp.


Selang beberapa minggu aku kembali dihubungi dan diminta datang ke kantor untuk melakukan tanda tangan serta mendapatkan penjelasan pengenai layanan COD RETAIL secara lengkap dan rinci. Sampai saat ini COD RETAIL masih belum bisa digunakan. Aku harus menunggu lagi beberapa waktu.


Dan suatu hari aku mendapatkan email bahwa COD RETAIL sudah bisa digunakan.


Sementara Itu...


Karena waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan layanan JNE COD RETAIL ini cukup lama, jadi aku sudah menggunakan fitur COD di Marketplace pada saat itu. Sampai beberapa bulan saya bertahan menggunakan fitur COD di Marketplace ini.

Sampai pada suatu hari aku ingin mencoba menggunakan JNE COD RETAIL. Kan tidak semua orang mau melakukan payout di Marketplace, jadi layanan JNE COD RETAIL ini tetap akan berguna meskipun kamu juga sudah punya Marketplace.

Menggunakan JNE COD RETAIL


Untuk menggunakan COD RETAIL ini kita perlu membuat Airwaybill untuk mencantumkan alamat penerima dan harga dari barang + ongkos kirimnya. Ada juga pajak COD RETAIL sebesar 3% dimana pajak ini bisa kamu tanggung sendiri atau kamu tanggungkan ke pembeli dengan menambahkannya pada total harga paket kamu.

Setelah membuat Airwaybill kamu perlu mencetaknya dan menempelkannya ke paket dan kemudian paket tersebut kamu antarkan ke kantor cabang JNE seusai kantor yang kamu daftarkan untuk layanan JNE COD RETAIL.

Pada saat aku mengirimkan paket COD RETAIL pertama kali, petugasnya itu bingung karena saat itu bukan yang biasanya. Tapi aku yakin yang seinor pasti sudah tahu.

Kamu tetap membayar ongkos kirim di kantor cabang JNE sesuai dengan tercantum pada Airwaybill yang kamu buat.

Setelah pesanan diterima pembeli maka saldo bisa kamu cek di akun JNE Customers Self Service Sistems atau Orion Application Reports.

Dan uang kamu akan secara otomatis masuk ke rekening selang beberapa waktu. Disini aku tidak menghitung berapa waktu uang masuk ke rekening dari barang diterima pembeli, mungkin sekitar seminggu atau lebih yang pasti tidak sampai sebulan.

Kamu akan mendapatkan email dari JNE setiap ada saldo yang dikirimkan ke rekeningmu.

Nah itulah pengalamanku tentang JNE COD RETAIL, meskipun pada awalnya tidak berjalan dengan baik namun dengan mempunyai layanan ini aku tidak perlu khawatir untuk berjualan di luar Marketplace. Meski untuk mendapatkannya membutuhkan waktu yang sangat lama, akan tetapi sepertinya layanan ini akan berguna dalam waktu yang lama juga.
Please write your comments