Ini Caraku Menggunakan Facebook Ads! Panduan Sederhana Buat Pemula - AdikaFrisky.com

Ini Caraku Menggunakan Facebook Ads! Panduan Sederhana Buat Pemula

Ini Caraku Menggunakan Facebook Ads! Panduan Sederhana Buat Pemula

Salah satu cara untuk meningkatkan penjualan adalah dengan beriklan di Facebook Ads, Google Ads, Instagram Ads, maupun Tiktok Ads. Namun pada kesempatan kali ini aku ingin membahas cara supaya bisa beriklan di Facebook Ads mulai dari dasar.

Karena aku bisa menjalankan iklan di Facebook Ads maka aku berani bilang kalau cara menjalankan iklan agar tampil dan dilihat oleh para pengguna Facebook itu sangatlah mudah sekali.

Meskipun aku menganggapnya mudah namun aku tidak merasa ahli dalam beriklan di Facebook Ads, karena jika kita bermain Facebook Ads maka kita pasti perlu melakukan riset dan riset ulang untuk memaksimalkan iklan agar tidak boncos.

Jadi bukan berarti setelah kita beriklan di Facebook Ads lantas kita akan banjir orderan. Kita perlu trial dan riset data dan juga bagaimana cara kita melakukan closing dari pesan yang berhasil masuk.

Pada kesempatan kali ini aku ingin membagikan pengalaman dalam menggunakan Facebook Ads yang bisa kamu tiru dan perbaiki kekurangannya.

Persiapan Sebelum Beriklan di Facebook Ads


Sebelum beriklan di Facebook, ada beberapa hal yang mungkin perlu untuk kamu siapkan seperti halaman dan copywriting atau istilahnya kata-kata promosi yang menarik.

Buat Halaman Facebook


Sebelum mengiklankan bisnismu di Facebook Ads maka yang harus kamu lakukan adalah mempunyai akun Facebook kemudian buat halaman khusus untuk bisnismu.

Halaman atau FanPage sebaiknya untuk postingan tidak dicampur-campur. Jadi kalau kamu ingin mengiklankan Kaos Polos dan Makanan, saranku kamu perlu membuat 2 halaman / fanpage.

Jadi buat halaman khusus untuk Kaos Polos. Contohnya seperti punyaku yang aku beri nama TzehPolos.com

Nama halaman sebaiknya berkaitan dengan nama brand bisnismu atau nama produkmu supaya mudah diingat.

Isi semua informasi di halaman tersebut secara lengkap. Yang terpenting adalah kontak anda harus ada.

Cara membuat halaman ada di Facebook.com - Halaman - Buat Halaman. Kemudian lengkapi informasinya.

Buat Postingan Yang Ingin dijadikan Iklan


Setelah mempunyai sebuah halaman, selanjutnya kamu perlu membuat postingan sebagus mungkin untuk diiklankan. Tidak masalah jika kamu belum mempunyai postingan sebelumnya meskipun akan lebih baik kalau kamu sudah pernah posting beberapa foto produkmu.

Dalam potingan tersebut perhatikan captionnya apakah sudah benar dan tidak ada yang typo? Karena jika postingan tersebut diiklankan maka akan dilihat banyak orang dan kamu mungkin akan malu kalau ada typo.

Kemudian jangan lupa beri tanda ceklis pada bagian ikon WhatsApp. Ini penting supaya orang yang ingin menghubungi atau membeli produkmu bisa langsung menghubungi lewat WhatsApp.


Kemudian tambahkan gambar/video supaya iklan anda semakin menarik. Tambahkan gambar/video lewat tulisan yang aku tandai ini. Bukan dari icon foto yang di pojok kanan bawah ya.



Setelah itu pastikan tampilan postingan sudah ada tombol untuk WhatsApp seperti pada gambar di bawah ini:



Cara Beriklan di Facebook Ads


Setelah dua hal tersebut sudah dibuat maka menurutku kamu sudah siap untuk melakukan promosi di Facebook. Jika kamu belum tahu caranya berikut ini aku akan memberikan penjelasan atas langkah-langkah yang perlu dilakukan.


Promosikan Postingan


Jika kamu memperhatikan dengan baik hasil postingan dari halaman tadi akan ada tombol "Promosikan Postingan" yang artinya postingan kamu bisa dipromosikan. Kamu tidak akan pernah menemukan tombol ini kalau kamu tidak posting menggunakan halaman.

Promosikan Postingan di Facebook Ads


Jika kamu sudah melihat tombol promosikan postingan seperti yang sudah aku beri tanda merah pada gambar diatas. Silahkan klik tombol tersebut.

Setelah tombol tersebut kamu klik maka kamu akan menuju ke settingan promosi.

Tombol Promosi juga bisa langsung diaktifkan saat membuat postingan.

Tombol Promosi Postingan

Setting Promosi


Setelah mengklik atau mengaktifkan tombol promosi maka sekarang kamu akan masuk ke pengaturan promosi yang akan kamu jalankan.

Pengaturan inilah yang nantinya akan membuat iklan kamu efektif atau tidak. Jadi kita wajib melakukan pengaturan iklan dan selalu direvisi jika menemukan hal yang lebih baik lagi untuk diterapkan. Jangan cuma asal iklan jalan kemudian menunggu hasil.

Mari kita bahas bagian pengaturan iklan ini satu per satu.

Bagian Tujuan

Pada bagian tujuan disini aku memilih untuk hasil yang mendapatkan lebih banyak pesan. Ini bisa diset secara otomatis jika kamu masih bingung untuk memilih mana yang paling bagus.



Tombol Nomor WhatsApp

Cek nomor WhatsApp kamu apakah sudah sesuai dengan yang kami gunakan. Karena berdasarkan pengalamanku orang-orang yang tertarik dengan produkmu bisa langsung chat ke WhatsApp kamu dengan tombol WhatsApp pada postingan yang kita iklankan.



Kategori Iklan Khusus

Untuk kategori iklan khusus disini aku tidak mengaktifkannya karena produk yang ingin aku promosikan bukan tentang kredit, pekerjaan, perumahan, atau isu sosial, pemilu, atau politik.

Pemirsa

Pada bagian pemirsa inilah yang akan menentukan hasil dari iklan kamu. Jadi kamu mau jual kemana dan kepada siapa.

Begini pengaturan pemirsa yang aku gunakan:


Pada iklan yang akan aku jalankan aku menargetkan untuk laki-laki dan perempuan jadi aku pilih semua.

Kemudian pada bagian umur aku ingin menargetkan kepada orang yang berumur 23 - 45 tahun.

Dan untuk lokasi aku memilih banyak tempat di Indonesia. Jadi kamu boleh targetkan produkmu ke Indonesia atau pun keluar negeri. Bebas.

Lalu untuk minat aku isikan Pakaian, Kaos, dan Casual. Karena pada kasus ini aku ingin mempromosikan Kaos Polos dari TzehPolos.com jadi untuk sementara minatnya aku isi begitu. Kalau kamu jualan ikan maka untuk minat kamu harus tulis yang berkaitan dengan ikan.


Durasi

Kamu bebas mengatur berapa hari iklan kamu akan dijalankan oleh Facebook. Kalau menurut aku pribadi durasi minimal untuk menjalankan iklan itu 4 atau 5 hari. Tapi biasanya aku selalu mencoba setting 7 hari. Toh kita bisa stop iklan kapan saja jika hasilnya kurang memuaskan.

Atau kita bisa mengedit settingannya supaya lebih nendang.


Anggaran

Biasanya aku juga beriklan dengan anggaran Rp 100 ribu. Jika kamu punya uang lebih sih kamu boleh pakai anggaran yang lebih besar supaya bisa menjangkau lebih banyak pemirsa sehingga meningkatkan presentase penjualan.

Anggaran juga bisa ditambah saat iklan jalan kalau kamu merasa perlu memperpanjang durasi iklan atau ingin mendapatkan jangkauan yang lebih banyak lagi.

Penempatan

Kamu bisa mengatur dimana iklan akan dijalankan. Jika kamu mencentang Messenger maka iklanmu juga akan dilihat juga oleh orang yang membuka Messenger. Pada kasus ini kamu juga bisa mengatur iklan supaya tampil di Instagram sekalian.


Metode Pembayaran


Untuk menjalankan Facebook Ads aku selalu menggunakan metode pembayaran menggunakan Kartu Debit. Jika menggunakan Kartu Debit maka anggaran yang kita habiskan untuk menjalankan iklan akan dipotong pada awal bulan berikutnya.

Misalkan kalau kamu menjalankan iklan pada bulan Januari maka saldo rekening kamu akan terpotong di awal bulan Februari.

Untuk melihat contoh iklan yang akan kamu jalankan maka kamu bisa klim pada tombol Lihat Semua Contoh.

Jika kamu sudah yakin dengan pengaturan yang kamu jalankan bisa klik tombol Promosikan Postingan Sekarang. Kamu akan diminta untuk memasukkan nomer NPWP. Kali ini aku diminta untuk memasukkan NPWP padahal kemarin rasanya tidak pernah.


Baca Juga : Jualan di Facebook Modal Cuma 150 Ribu Bisa Raih Omset 1 Jutaan [Kisah Nyata]


Setelah itu promosi kamu akan ditinjau oleh pihak facebook sebelum ditayangkan kepada banyak orang. Tunggu beberapa saat sampai kamu mendapatkan notifikasi kalau iklan sudah dijalankan.


Nah itulah cara beriklan menggunakan Facebook Ads yang sering aku lakukan. Cara ini bisa kamu tiru dan bisa kamu modifikasi supaya bisa mendapatkan hasil yang lebih baik.

1 komentar

  1. Mantap... Saya masih campur.. klo bgtu ntr harus evaluasi lagi.. makasih

    BalasHapus