Rahasia Alat Listrik pada Panel Listrik - AdikaFrisky.com

Rahasia Alat Listrik pada Panel Listrik

Rahasia Alat Listrik pada Panel Listrik

Listrik menjadi sumber daya yang terus dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Semakin banyak peralatan yang menggunakan bantuan listrik menjadikan dunia ini semakin canggih. Tidak perlu banyak tenaga manusia, cukup mengandalkan listrik semua bisa. 


Seperti mencuci baju menggunakan mesin cuci cukup dengan bantuan listrik pun jadi. Semakin besar alus listrik yang dibutuhkan alat maka alat tersebut semakin besar pula.


Listrik disimpan pada Panel Listrik


Panel listrik merupakan bagian alat yang berperan dalam perdistribusian arus listrik. Peran panel listrik sangat penting pada peralatan listrik, diantaranya berpengaruh pada pengoprasian alat, serta mampu melindungi alat dari gangguan lingkungan luar.


Panel listrik diciptakan untuk menjadikan peralatan listrik memiliki komponen pendukung listrik menjadi lebih rapi. Biasanya panel listrik terbuat dari plat besi yang mampu melindungi perangkat didalamnya. 

 

Penampilan di dalam Panel Listrik

Panel listrik pada umumnya berbentuk kubus dengan ukuran sesuai banyak sedikitnya komponen listrik yang ada. Jika komponen listrik yang berperan pada alat banyak maka ukuran panel listrik besar. 


Biasanya panel listrik digunakan pada perusahaan atau bangunan untuk menyimpan komponen listrik yang digunakan.


Berbagai Macam Panel Listrik


Dengan perbedaan ukuran pada panel listrik menjadikan jenis panel listrik banyak. Macam-macam panel listrik diantaranya :


Panel KHW

Panel ini merupakan panel yang pertama diciptakan. Panel KHW dapat digunakan untuk perusahaan besar dengan beban arus listrik yang cukup tinggi.



Panel Capacitor Bank

Panel capacitor bank banyak sekali manfaat sehingga banyak yang menggunakannya. Biasanya panel ini digunakan pada kendaraan bermotor. Manfaat dari panel ini diantaranya mampu menurunkan kuat amper, menghilangkan daya induktif pada motor dan mampu membuat motor lebih stabil dan hemat penggunaan listrik.



Panel Genset Automatic Main Failure Automatic Transfer Switch 

Panel genset AMF ATS merupakan panel yang canggih diantara yang lain karena mampu bekerja secara otomatis. Panel ini mampu mengatur waktu on dan off genset. Selain itu panel ini dapat membuka dan menutup aliran listrik dari PLN secara otomatis.



Panel Change Over Switch

Penel ini menjadi penel yang dapat menyambungkan aliran listrik dari sumber utama aliran listrik dan mampu bekerja secara menual bantuan manusia atau otomatis.



Panel Level Control

Panel level control sering disebut dengan istilah Water Level Control. Sesuai dengan namanya panel ini digunakan untuk memompa air menggunakan bantuan energi listrik. Panel ini dapat bekerja secara otomatis dengan berhenti memompa air jika air dalam tangki sudah penuh. 



Panel listrik LVMDP dan LVSDP

Panel ini digunakan untuk memeriksa daya listrik dari Transfomator dan di distribusikan ke panel lain seperti alat-alat elektronik rumah tangga.



Komponen Penyusun Panel Listrik


Panel listrik memiliki beberapa komponen peyusunnya sehingga dapat digunakan dengan baik. Penyusun penel listrik terdiri dari komponen power, komponen indikator, komponen control dan komponen pengaman. 


Dari komponen tersebut masih terdapat banyak sekali penyusunnya yang lebih terperinci dengan tugas yang bebeda-beda dari setiap komponen. Komponen pengaman terdiri dari Miniatur Circuit Breaker (MCB), dan Moulded Case Circuit Breaker (MCCB). 


Komponen control terdiri dari Pilot Lamp atau sering disebut Lampu Panel, Push Button, Selector Switch Emergency Stop dan Relay Control. 


Komponen power terdiri dari Timer Listrik, Thermal Overload Relay, Capacitor Bank. Komponen indikator terdiri dari Terminal Block, Omega Rails, Power Suplay dan Ampere Meter Digital.

Please write your comments