Pengalaman Melamar Pekerjaan Lewat BKK SMKN 3 Kota Bekasi Sampai Diterima Bekerja - AdikaFrisky.com

Pengalaman Melamar Pekerjaan Lewat BKK SMKN 3 Kota Bekasi Sampai Diterima Bekerja

Pengalaman Melamar Pekerjaan Lewat BKK SMKN 3 Kota Bekasi Sampai Diterima Bekerja

Jadi dulu pada awal tahun 2017 aku pernah mencari pekerjaan dengan melamar melalui BKK SMKN 3 Kota Bekasi untuk lowongan dari PT Kayaba Indonesia dimana kuota pendaftaran sangat terbatas.

Aku yang mendapatkan informasi lowongan tersebut saat bermain facebook kemudian langsung mengajak teman-temanku yang juga sedang mencari pekerjaan untuk ikut melamar ke lowongan PT Kayaba Indonesia yang pendaftarannya bisa dilakukan di BKK SMKN 3 Kota Bekasi.

Sayangnya aku hanya mendapatkan 1 teman saja yang mau diajak langsung menuju BKK SMKN 3 Kota Bekasi. Aku dan temanku langsung meluncur boncengan naik motor menuju ke SMK Negeri 3 Bekasi dari Karawang dengan bermodalkan panduan Google Maps.

Pengalaman Unik Yang Terjadi Saat Melamar Lewat BKK SMKN 3 Bekasi


BKK SMKN 3 Kota Bekasi

Tentu saja saat sampai di lokasi pendaftaran sudah antri meskipun tidak banyak sekali.

Dan apesnya aku pada saat itu tidak membawa berkas lengkap padahal sudah membaca kualifikasi atau persyaratan yang perlu dibawa untuk mendaftar. Saat itu temanku membawa berkas dengan lengkap.

1. Berkas yang kurang bisa nyusul


Beruntungnya aku yang mau menemani dia sampai selesai mendaftar karena mendapatkan kesempatan bahwa boleh membayar uang pendaftaran terlebih dahulu lalu berkasnya bisa nyusul besok.

Setelah aku dan temanku mendaftar pada lowongan untuk PT Kayaba Indonesia kami langsung kembali pulang ke Karawang. Meskipun pada saat itu BKK SMKN 3 Kota Bekasi tidak hanya membuka lowongan untuk PT Kayaba Indonesia saja.

Sesampainya di Karawang aku langsung melengkapi berkas yang masih kurang. Berhubung hari sudah sore karena kami mendapatkan informasi lowongan juga di siang hari tidak mungkin untuk menyusulkan berkas yang kurang pada hari itu juga.

Jadi aku memutuskan untuk nginep di Cikarang karena sebelumnya aku pernah kerja di Cikarang jadi disana temanku masih banyak dan mau menerima tamu. Alasan aku nginep kareana biar besok pagi tidak teralalu jauh untuk ke SMKN 3 Bekasi.

Dan di Cikarang aku malah mendapatkan teman yang juga ingin pergi ke BKK SMKN 3 Kota Bekasi untuk mendaftar lowongan pekerjaan yang lain.

Singkat cerita aku sudah mengumpulkan berkas persyaratan yang diminta dan tinggal menunggu panggilan test yang akan langsung diadakan di perusahaan.

Jadi pihak BKK ini hanya melakukan seleksi administrasi saja, sebab tidak semua pelamar mendapatkan panggilan untuk tes langsung di perusahaan. Buktinya aku mendapatkan surat undangan untuk tes di PT Kayaba Indonesia dan temanku tidak.

2. Mendapatkan telepon dari pihak BKK


Meskipun aku mendapatkan undangan untuk tes langsung di perusahaan akan tetapi sebelumnya aku tidak mendapatkan kabar apapun yang masuk di HP ku. Padahal pada hari itu ada 2 pengumuman penting yaitu; pengumuman hasil interview di PT Unilever dan seleksi administrasi PT Kayaba.

Entah lagi eror atau gimana karena banyak sms yang pending pada hari itu.

Pada keesokan harinya saat aku mencoba ingin menitipkan langsung surat lamaran ke PT Hino Motor Manufacturing yang ada di Purwakarta yang sayangnya lowongan sudah ditutup.

Lalu pada saat perjalanan pulang ke Karawang aku mendapatkan telepon yang ternyata sudah beberapa kali tidak terangkat. Dan begitu telepon tersebut terangkat aku diminta untuk mengambil surat undangan mengikuti tes langsung di PT Kayaba Indonesia untuk hari Sabtu.

Pihak BKK bilang bahwa masih ada 4 undangan yang belum diambil setelah mendapatkan sms pada hari Rabu. Dan aku mendapatkan telepon di hari Kamis yang kemudian aku mengambil undangan di hari Jumat.

3. Masalah KTP


Sementara tes akan dilakukan pada hari Sabtu dengan syarat wajib untuk menunjukan KTP. Padahal KTP ku pada minggu sebelumnya aku paketkan ke Klaten untuk membayar pajak motor.

Aku bingung bukan main sampai aku menelpon pihak perusahaan dan perusahaan pun juga tidak memberikan syarat lain yang artinya KTP tetap wajib diperlihatkan sebelum mengikuti tes.

Karena pada saat siang itu posisi ku masih di Cikarang dan aku coba untuk menelpon teman yang satu kos denganku di Karawang ternyata tidak ada paket yang datang.

Saat itu aku hanya bisa pasrah meskipun sudah tahu kalau KTP sudah dipaketkan namun baru 1-2 hari saja sementara biasanya aku paket sampai dari Karawang ke Klaten atau sebaliknya itu 2-3 hari.

Lalu keajaiban terjadi pada waktu malam hari dimana aku mendapatkan telepon dari teman kosan yang ada di Karawang bahwa ada paket yang datang.

4. Nginep di Cikarang


Setelah mendapatkan kabar tersebut aku segera meluncur ke Karawang untuk mengambil KTP dan balik lagi ke Cikarang supaya besok berangkat tes tidak kejauhan dan kesiangan.

Beruntungnya aku karena memutuskan untuk menginap di Cikarang sebab keesokan harinya terjadi hujan besar sebelum aku berangkat ke PT Kayaba Indonesia untuk mengikuti tes.

Kemudian aku berangkat dengan menggunakan jas hujan sambil berharap ada peserta yang tidak datang akibat hujan deras biar mengurangi jumlah pesaing hehe. Tapi itu semua tidak berati karena yang sudah hadir teryata banyak sekali.

Tes di PT Kayaba Indonesia berlangsung selama beberapa hari sampai aku memotong rambut dengan ukuran sangat pendek namun tidak botak. Tapi tes disini berlangsung cepat karena hanya butuh waktu 2 minggu saja sampai aku tanda tangan kontrak di PT Kayaba Indonesia.

Dan melamar lewat BKK SMKN 3 Bekasi tidak dipunggut biaya apapun kecuali uang pendaftaran yang dilakukan diawal dan hanya sekali.

Note: Ini adalah pengalaman pribadi beberapa tahun yang lalu, Untuk penyebutan hari mungkin ada yang salah jadi mohon untuk dimaklumi.
Please write your comments