Kartu ATM Kadaluarsa Apakah Saldo Hilang? - AdikaFrisky.com

Kartu ATM Kadaluarsa Apakah Saldo Hilang?

Kartu ATM Kadaluarsa Apakah Saldo Hilang?

Kartu ATM Kadaluarsa Apakah Saldo Hilang? Mungkin masih banyak yang belum tahu kalau kartu ATM itu ada tanggal kadaluarsanya. Jadi kartu ATM tidak akan bisa digunakan lagi kalau sudah lewat tanggal kadaluarsa.


Coba perhatikan dengan baik kartu ATM yang kamu miliki pada bagian depan biasanya ada tulisan atau keterangan Valid Thru dan ada angka setelahnya. Nah angka tersebutlah adalah tanggal kadaluarsa kartu ATM yang kamu punya.


Angka tersebut biasanya hanya tertulis bulan dan tahun saja. Jadi kalau tulisannya adalah 01/24 artinya kartu ATM berlaku sampai Januari 2024. Setelah itu kartu ATM sudah habis tanggal berlakunya atau sudah kadaluarsa dan tidak bisa digunakan.


Jika Kartu ATM Kadaluarsa Apakah Saldo Hilang?

Jika Kartu ATM Kadaluarsa Apakah Saldo Hilang

Nah yang jadi pertanyaan adalah apakah jika Kartu ATM Kadaluarsa Apakah Saldo Hilang? Jawabannya adalah Tidak. Saldo yang ada di dalam rekeningmu tidak akan hilang begitu saja meski kartu ATM sudah kadaluarsa.


Hal ini karena saldo itu tersimpan di nomor rekening bukan di kartu ATM. Kartu ATM adalah sebagai alat untuk mengambil uang di mesin ATM atau untuk melakukan transfer atau transaksi lainnya di mesin ATM.


Jadi jika kartu ATM kamu sudah kadaluarsa tenang saja karena saldo tidak akan hilang kemana-mana. Hanya saja kamu tidak bisa menggunakan kartu ATM yang sudah kadaluarsa tersebut untuk melakukan transaksi di mesin ATM.


Tapi jika kamu menggunakan m-banking maka kamu masing bisa melakukan transaksi melalui m-banking.


Solusinya adalah kamu harus mengganti kartu ATM yang sudah kadaluarsa tersebut dengan kartu ATM yang masih baru.


Cara Ganti Kartu ATM Kadaluarsa dengan Kartu ATM Baru


Mungkin ada yang tidak tahu bagaimana solusi jika kartu ATM sudah kadaluarsa. Nah jika kamu mengalami hal ini silahkan datang ke kantor bank yang sesuai dengan ATM milikmu. Kamu bisa datang ke kantor cabang atau kantor pusat untuk melakukannya.


Kemudian jangan lupa untuk membawa kartu ATM kamu yang sudah kadaluarsa tadi dan membawa identitas asli seperti KTP serta buku tabungan.


Setelah sampai di bank silahkan melakukan antrian dan jelaskan kepada teller kemudian kamu akan mendapatkan kartu ATM baru. Tapi jika kamu bingung saat sampai di bank, kamu bisa bertanya kepada security yang berjaga di bank mengenai prosedurnya.


Kartu ATM memang biasanya hanya berlaku sampai 5 tahun saja. Setelah 5 tahun atau masa berlaku sudah habis atau kadaluarsa maka kamu harus segera memproses untuk mendapatkan kartu ATM baru jika kamu masih sering menggunakan kartu ATM tersebut.


Dengan kartu ATM baru, selain mendapatkan masa berlaku yang baru kamu juga akan mendapatkan nomor kartu yang baru juga. Sehingga jika kamu sering menggunakan pembayaran debit online maka kamu juga harus memperbaharuinya.


Itulah sedikit sharing mengenai kartu ATM yang kadaluarsa dan jangan cemas karena saat kartu ATM kadaluarsa saldo tidak akan hilang karena kamu hanya perlu mendapatkan kartu ATM baru saja.


Please write your comments