YAKIN 2020 Masih Mau Jadi Fulltime Blogger??? - AdikaFrisky.com

YAKIN 2020 Masih Mau Jadi Fulltime Blogger???

YAKIN 2020 Masih Mau Jadi Fulltime Blogger???

Menjadi seorang fulltime blogger adalah impian kecil oleh sebagian orang termasuk aku sendiri. Yah, untuk tahun 2020 ini memang rencananya aku ingin fokus menjadi fulltime blogger.


Tepat pada tanggal 01 Januari 2020 aku sudah resmi menganggur setelah bekerja di sebuah perusahaan di Karawang. Disini aku menganggur memang sudah habis masa kerja ya, bukan resign atau pun kabur.

Kan ada tuh orang yang nekat resign demi menjadi seorang fulltime blogger.

Menjadi Fulltime Blogger Tidak Menjanjikan Lagi?


Jadi selama aku bekerja aku juga belajar cara menghasilkan uang dari sebuah blog. Setelah bertahun - tahun mencoba dunia blogging akhirnya aku berhasil meraih penghasilan rutin dari google adsense pada Januari 2018.

Bukti bahwa Pencarinafkah.com mulai rutin gajian sudah pernah aku buatkan artikelnya. Silahkan dibaca : Berapa Lama Agar Blogger Pemula Rutin Gajian Perbulan Dari Google AdSense?

Pada saat itu aku fokus mengembangkan situs pencarinafkah.com yang dimana sampai saat ini situs tersebut masih aku rawat dengan baik.

Mulai per Januari 2018 dan hanya dengan satu situs saja yaitu pencarinafkah.com aku mampu gajian dari google adsense perbulan atau paling lama itu dua bulan sekali meskipun nominalnya belum mencapai angka 2 jutaan, bagiku itu sudah sangat lumayan dengan artikel yang hanya sekitar 100 saja.

Dan saat itu pula aku berfikir 'wah kalau aku bisa meluangkan lebih banyak waktu untuk mengelola situs ini mungkin penghasilannya akan semakin banyak' dan aku memutuskan untuk menjajal menjadi fulltime blogger setelah masa kerja habis yaitu pada 01 Januari 2020.

Saat aku menjadi fulltime blogger...


Tapi akhirnya realita tak seindah yang direncanakan...

Pada akhir 2019 traffik situs mulai terlihat adanya penurunan tapi saat itu belum terasa bagiku karena penghasilan masih lumayan sampai pada akhirnya bulan - bulan awal di tahun 2020 traffik hampir habis.

Yang mengakibatkan penghasilan turun sampai lebih dari 50%.

Penyebab penghasilan blog turun...


Hal ini terjadi karena beberapa faktor menurutku.

  1.  Awal tahun penghasilan blogger memang mayoritas turun karena pengiklan masih merencanakan target tahunan mereka atau belum banyak yang pasang iklan.
  2. Covid-19 dampaknya terlalu besar termasuk untuk publisher adsense.
  3. Orang - orang sudah mulai sadar akan adanya iklan dan males ngeklik iklan.
  4. Youtube lebih tenar.

Ingat ini hanya menurutku....


Dan salah satu penyebab aku kehilangan traffik karena aku sebelumnya memasang widget popular post juga.


Baca Juga : BAHAYA!!! Buat Blogger Pemula Jangan Pernah Memasang Widget Popular Post


Dengan adanya beberapa penyebab berikut meski traffik sudah kembali normal dan sekarang malah lebih tinggi dari biasanya tapi tetap saja penghasilanku masih belum kembali normal.

Yang artinya di tahun 2020 ini aku belum bisa gajian sebulan sekali. Untuk mencapai dua bulan sekali saja masih abu - abu malahan.

Bisa dibilang situs Pencarinafkah.com yang tadinya bisa mengisi saldo atm setiap bulannya sekarang butuh 3 - 4 bulan untuk menerima gajian.

Ini berat bagiku terlebih di tahun 2020 ini aku juga sudah menganggur.

Tapi aku tidak menyerah begitu saja buktinya aku membuat blog ini untuk nanti kedepannya juga akan dipasang iklan dan beruntung bagiku di tahun 2020 ini aku masih bisa mendapatkan uang dari mencairkan BPJS dan mendapatkan uang dari program kartu PraKerja.


Baca Juga : Langkah Langkah Untuk Mendaftar Kartu PraKerja


Setelah itu aku harus berusaha mengembangkan lagi situs yang aku punya agar bisa menghasilkan uang lagi setiap bulannya. Dan ini tidaklah mudah terlebih untuk pemula sepertiku.

Jadi, Masih mau jadi fulltime blogger???


Nah buat kamu yang ingin menjadi fulltime blogger dan kamu masih pemula atau belum bisa gajian setiap bulan atau malah baru mau mulai sebaiknya dipikirkan lagi deh.

Mastah seperti mas Timon Adiyoso saja sekarang lebih sering update youtube dari pada blog.

Yang artinya apa...???

Youtube lebih menjanjikan dari pada blog gais...

Tapi kalau kamu masih ingin mewujudkan mimpi untuk menjadi seorang fulltime blogger setidaknya kamu harus mencari penghasilan lain.

Loh, bukan fulltime blogger lagi dong namanya?

Maksudku kamu tetap memprioritaskan blog kamu agar mencapai titik yang kamu inginkan atau minimal bisa gajian 3 - 5 juta perbulan baru kamu boleh melupakan pekerjaan lain yang tidak kamu sukai.

Tapi kalau belum mencapai itu ya kamu harus mencari sumber penghasilan lain terserah kamu yang penting halal, jangan terlalu fokus menunggu hasil blog jika kamu memang seorang pemula.

Ini menurutku dan ini ceritaku, selanjutnya yang memutuskan tetaplah kamu sendiri.

Please write your comments